LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN PENGURUS SC SMP IT ALAM NURUL ISLAM 2018/2019

Latihan Dasar Kepemimpinan atau yang kerap disebut LDK adalah salah satu program SMPIT Alam Nurul Islam yang bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan siswa dan siswi yang tergabung dalam organisasi SC (Student Center). Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 2 – 3 November 2018. Seluruh peserta yang hadir berjumlah 29 orang. Yaitu 24 untuk anggota SC SMPIT Alam Nurul Islam yang baru. Sementara 3 di antaranya merupakan panitia serta perwakilan dari SC sebelumnya. Kemudian 2 lainnya adalah Guru Pendamping sekaligus Pembina SC pada masa bakti 2018 / 2019.

Peserta datang kemudian registrasi, Shalat magrib berjamaah, dan disambung dengan tilawah serta makan. Lalu pembagian kelompok yang akan digunakan selama kegiatan ini berlangsung. Training yang terbagi dalam 2 sesi ini dilaksanakan setelah Shalat isya dengan 2 mentor berbeda. Selain menjelaskan tentang puing-puing “SC” , kegiatan inti tersebut juga merupakan metode pembangkitan potensi kemandirian, kerja sama, percaya diri, kekompakan, komunikasi, ketelitian, serta manajemen waktu yang baik pada diri pengurus SC.

Sunyi dalam malam, keheningan Pukul 22.00 mewajibkan setiap anak untuk bergegas tidur. Dan membangunkan diri pada pukul 03.00 untuk menunaikan rutinitas Qiyamul Lail. Kesempatan kali ini, shalat subuh tidak dilaksanakan pada area sekolah. Melainkan di lingkungan masjid kampung dekat sekolah. Cara ini ditempuh agar dapat menumbuhkan rasa santun, sopan , serta rendah hati terhadap sesama. Dilanjut dengan agenda Dzikir Al-Ma’tsurat usai berada disekolah dan beberapa game yang lagi-lagi dapat meningkatkan tanggung jawab, kekompakan, kerja sama, komunikasi, dan juga hal-hal yang dapat membantu kami sebelum benar-benar terjun sebagai pemegang organisasi utama sekolah.

Penghujung acara, diisi dengan rancangan kegiatan yang akan dilakukan selama gelar sebagai anggota OSIS ini kami sandang. Serta acara sharing bersama panitia yang berasal dari SC sebelum masa bakti kami. Pembagian hadiah juga turut memeriahkannya. Dengan mengambil beberapa kategori. Seperti, kekompakan tim terbaik, tilawah terbanyak, dan beberapa lainnya.

Tak dirancang karena angan semata. Namun, sengaja dipersiapkan agar kami memiliki fondasi yang kokoh. Menciptakan kerukunan dan kenyamanan bagi siswa. Mempersiapkan mental tuk segala hal.
Karena kami, SC SMPIT Alam Nurul Islam
“RAIH PRESTASI, MENGINSPIRASI !”

@Najma Hikmatul H VIII A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *