Jelajah Pantai Karst Gunungkidul

IMG_0001

Selamat datang laskar ulung SMP IT Alam Nurul Islam…!

 Sore itu pantai krakal terlihat lengang. Rombongan laskar ulung dari SMP IT Alam Nurul Islam datang disambut hamparan pantai putih dan laut biru yang diiringi deburan ombak pantai yang berdebur keras. Sabtu, 16 Juni 2012 pukul 17.10 WIB rombongan siswa kelas IX SMPIT Alam Nurul Islam tiba di Pantai Krakal Gunung Kidul, Yogyakarta untuk mengawali agenda jelajah pantai. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan akhir kelas IX SMP IT Alam Nurul Islam sebagai kegiatan “pelepasan” sebelum kegiatan wisuda pada tanggal 30 Juni 2012.

IMG_0084
Suasana Pantai Krakal di sore hari… Subhanallah…!!

Agenda jelajah pantai ini  diawali dengan acara forum ukhuwah. Sedianya acara awal ini akan dilaksanakan di pinggir pantai Krakal, namun karena sore itu angin pantai bertiup sangat kencang, akhirnya acara di pindah di sebuah Masjid di kawasan pantai Krakal. Forum ukhuwah diawali dengan shalat berjama’ah, dzikir Al Ma’tsurat, dan makan malam. Selanjutnya penyampaian kesan dan pesan dari siswa dan Ustadz/Ustadzah. Dalam forum ini, laskar ulung dipersilahkan untuk menyampaikan kesan selama pembelajaran di sekolah tercinta. “Awalnya ada yang bilang kepada saya, NEM saya tinggi tapi kok mau-maunya masuk sekolah yang baru awal berdiri… saya tidak menanggapi banyak. Kini saya merasakan betapa luar biasanya disini kami ditempa. Banyak hal yang saya dapatkan dan tak akan bisa saya lupakan..” ujar Alfian, salah satu siswa berprestasi SMP IT Alam Nurul Islam yang berhasil masuk dalam 10 besar hasil UN PAI terbaik se-DIY.

IMG_2434
Forum Ukhuwah… Tetap ceria… !!

 Selanjutnya, gantian ustadz-ustadzah pendamping persilahkan untuk menyampaikan kesannya selama membersamai siswa kelas IX tersebut. “Kelas kalian adalah kelas istimewa. Walaupun selama membersamai kalian ustadz-ustadzah sering dibuat pusing namun sekarang ini kalian bisa menunjukan perubahan yang luar biasa. Angkatan kalian bisa menunjukkan kemandirian, kebersamaan, kekompakan dan lulus 100%. Jaga terus keistimewaan kelas kalian. Tetap kompak! Tetap sholih dan sholihah!” ujar ustadz Ardi yang menjadi wali kelas IX sekaligus sebagai ketua panitia jelajah pantai tersebut.

Setelah acara penyampaian kesan pesan baik oleh siswa maupun Ustadz/Ustadzah, dalam forum tersebut seluruh siswa sepakat untuk membentuk forum alumni SMP IT Alam Nurul Islam yang akan mengkoordinir semua alumni SMP IT Alam Nurul Islam di masa mendatang. Alifi’u, ketua kelas IX terpilih kembali sebagai ketua forum alumni SMP IT Alam Nurul Islam.

  

Setelah agenda Forum Ukhuwah selesai, dilanjutkan pengarahan dan persiapan oleh Tim Instruktur yang dibersamai oleh Ustadz Sidiq dan Ustadz Anang yang telah berpengalaman dalam kegiatan jelajah alam. Para siswa mendapatkan arahan yang harus diperhatikan selama perjalanan nanti. Siswa juga diajari cara-cara packing barang-barang dalam tas agar aman dan nyaman. Kemudian pengarahan ditutup dengan pemanasan sebelum perjalanan.

  

Next, jalan deh… perjalanan dimulai pukul 22.05 WIB dan finish pukul 08.05 WIB di pantai Baron. Mengapa gerangan cukup lama? Ini nih yang menarik…. jadi karakter jalan yang dilalui bukan hanya pantai saja, melainkan naik turun bukit, melewati semak-semak, sawah, kebun, bebatuan, sampai goa pohon pandan. Malam hari lho… Laskar ulung melewati pantai yang jarang dikunjungi orang… wuuuihh…  seru banget! agak serem juga pas tersesat dan ketemu beberapa anjing liar… mantap pengalamannya!. Karena capek, dalam perjalanan sampai di Pantai Drini laskar ulung sempat istirahat pkl 01.10 sampai 02.55 WIB. Jangan bayangkan tidur dikasur empuk seperti di rumah, peserta tidur diatas pasir atau dipan reot dipinggir pantai, berteman udara dingin malam dan angin malam yang terasa menembus pakaian. Dingiiiiiiiin…..

 

Selama perjalanan laskar ulung ketemu beberapa satwapantai juga lho…!

 IMG_0009

 Rute susur pantai…  Subhanallah…!

 Nah, ketika sampai finish tampak mimik wajah pada kusut lelah, mengarungi perjalanan sekitar 8 jam yang cukup wah ! . Namun ada gurat riang yang menandakan kepuasan tersendiri ber-adventure dengan rute yang menantang melewati malam, fajar, dan pagi hari menyambut mentari di alam terbuka pantai. Ada yang langsung teriak, “yeeee aku finish….!! Aku baik-baik sajaaaaaaaaa……”. wah… Seneng ya….  🙂 (ard)

admin

Menjadikan sekolah yang mampu menginspirasi siswa menjadi pembelajar ulung, mandiri, berkarakter islami dan berjiwa pemimpin

2 tanggapan untuk “Jelajah Pantai Karst Gunungkidul

  • 18/08/2012 pada 02:23
    Permalink

    thnks, Mr.. please prayer… we’r ready to cooperation

    Balas
  • 18/08/2012 pada 02:23
    Permalink

    thnks, Mr.. please prayer…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *