Penyembelihan Hewan Qurban

Penyembelihan hewan qurban merupakan kegiatan yang dilaksanakan di SMP IT alam Nurul Islam.. Kegiatan ini bertujuaan untuk membangun kepedulian peserta didik terhadap salah satu ajaran dalam agama Islam yaitu berkurban. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun karakter kerjasama, mengenal cara-cara penyembelihan , pengulitan, penimbanngna hingga pendistribusian hewan kurbnan ke masyarakat sekitar.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meneladani Nabi Ibrahim alaihissalam. Selain itu juga untuk eningkatkan ketakwaan kepada Allah dan menumbuhkan kesadaran dan peran serta umat Islam dalam mengembangkan kecintaan kepada sesama. Penting juga untuk memperkokoh jalinan silaturahmi dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah di antara SMPIT Alam Nurul Islam dengan masyarakat sekitar.

Pelaksanaan Kegiatan Penyembelihan Hewan Qurban SMPIT Alam Nurul Islam secara umum berjalan lancar. Kegiatan diawali pukul 07.15 dengan kegiatan dzikir dan sholat dhuha dan dilanjutkan dengan pemaknaan hikmah β€˜Iedul Adha.
Sementara siswa-siswi melaksanakan buka kelas di mushola, tim penyembelihan sudah mulai untuk menyembelih hewan qurban. Hewan qurban disembelih secara bertahap lalu dikuliti, dibersihkan jeroannya, dipotong daging dan tulang, selanjutnya ditimbang, bungkus dan didistribusikan kepada warga sekitar sekolah dan yang membutuhkan, dan sebagian didistribusikan.

Seperti tahun sebelumnya, untuk tahun ini juga diadakan lomba masak olahan daging. Pesertanya terdiri dari perwakilan lima anak dari setiap kelas. Untuk tahun ini diambil tiga pemenang lomba masak.
Setelah melalui serangkaian proses mulai dari penyembelihan hingga pengemasan, pukul 11.00 daging sudah dpat didistribusikan kepada warga sekitar sekolah yang membutuhkan. Pukul 13.00 kegiatan penyembelihan hewan qurban selesai dilaksanakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *