Research Camp V : Pengenalan dan Penanaman Budaya Ilmiah Bagi Siswa

Penelitian Sederhana
Penelitian Sederhana

Research Camp merupakan salah satu program SMP IT Alam Nurul Islam yang bertujuan untuk mengenalkan dan menanamkan budaya ilmiah bagi para siswa. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk perkemahan dengan berbagai kegiatan yang menunjang pembelajaran riset, melatih kemandirian, dan tentu saja menyenangkan. Program ini menjadi program rutin yang dilaksanakan setiap akhir tahun ajaran yang diselenggarakan khusus bagi kelas VII.

Waduk Sermo
Waduk Sermo

Kegiatan Reserch Camp ke V diselenggarakan di bumi perkemahan Waduk Sermo, Kabupaten Kulon Progo. Acara diawali dengan kunjungan pembelajaran ke Unit Pengelola Waduk Sermo dibawah Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu-Opak untuk mempelajari proses pengelolaan Waduk Sermo. Disini siswa belajar tentang sejarah pembuatan waduk, proses pengelolaan air waduk, dan manfaat Waduk Sermo bagi masyarakat sekitar.

Setelah selesai observasi di Unit Pengelola Waduk Sermo, siswa melanjutkan pembelajaran ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kulon Progo unit Sermo untuk mempelajari proses pengolahan air bersih yang bersumber dari Waduk Sermo. Pengolahan air waduk ini merupakan salah satu contohΒ  manfaat dari Waduk Sermo sebagai penyedia sumber air bersih bagi Kabupaten Kulon Progo. Di PDAM siswa mempelajari proses pengolahan mulai dari pengambilan air dari waduk, penyaringan, penjernihan, hingga pendistribusian air bersih dari PDAM ke masyarakat.

Web2-IMG_4950

Web3-IMG_4941

Pendirian Tenda

Setelah kunjungan pembelajaran selesai, barulah siswa menuju ke bumi perkemahan Waduk Sermo.Β  Kunjungan pembelajaran tadi menjadi bahan awal bagi siswa untuk pembelajaran riset dan pengenalan metodologi ilmiah. Kegiatan pertama di bumi perkemahan yaitu mendirikan tenda dan mempersiapkan kebutuhan pribadi masing-masing regu.

Ibadah Yaumiah
Ibadah Yaumiah
Presentasi
Presentasi

Pada kegiatan malam pertama, seluruh siswa mempresentasikan penugasan yang sudah dipersiapkan. Masing-masing regu mempresentasikan hal-hal unik dan menarik yang mereka temukan serta penjelasan atau analisa singkat tentang hal tersebut. Ternyata banyak hal-hal unik yang baru siswa jumpai dalam presentasi tersebut.

Web6-IMG_5008

Web7-IMG_5009

Meneliti satwa

Web8-IMG_5028

Pengamatan Asam-Basa

Pada hari kedua, seluruh siswa melakukan ekspedisi ilmiah. Sebelum pelaksanaan ekspedisi, seluruh regu mendapatan penjelasan singkat tentang ekspedisi, serta metode sederhana dalam penelitian. Dalam ekspedisi tersebut, seluruh regu mencari dan meneliti hal-hal unik yang mereka jumpai, berlatih mencari data-data pelengkap objek yang mereka teliti, serta mencari berbagai referensi yang terkait objek yang mereka teliti untuk melengkapi data-data lapangan yang sudah dikumpulkan.

Web9-IMG_5046

Web10-IMG_5041

Penjelasan tentang riset dan metode ilmiah

Disela berbagai kegiatan pengenalan riset dan penelitian, siswa juga mengikuti berbagai kegiatan pendukung seperti kreasi seni dan jurit malam. Selain itu, berbagai kegiatan ibadah yaumiah seperti shalat, tilawah, dzikir pagi dan petang tentu tetap dilaksanakan oleh seluruh siswa.

Kegiatan Research Camp diakhiri dengan presentasi materi tentang metodologi ilmiah oleh pemateri. Kegiatan ini untuk menguatkan pemahaman siswa tentang pembelajaran riset dan aplikasi sederhana dalam pembelajaran keseharian. Sebagai oleh-oleh kegiatan, seluruh regu harus membuat laporan dan presentasi objek penelitian selama kegiatan dan dipresentasikan di sekolah. Semangat…!!! Β  πŸ™‚

<ard>

admin

Menjadikan sekolah yang mampu menginspirasi siswa menjadi pembelajar ulung, mandiri, berkarakter islami dan berjiwa pemimpin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *