Indonesia Siaga Bencana

Sebaran Potensi Bencana DIY dan Sekitarnya
Sebaran Potensi Bencana DIY dan Sekitarnya

Hari Sabtu, 25 Januari 2013 siswa-siswi SMP IT Alam Nurul Islam melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti biasa. Setelah pelajaran selesai, seluruh siswa bergegas melaksanakan shalat Dzuhur berjama’ah di Mushola. Shalat Dzuhur berjalan khitmat dan lancar sampai tak lama selepas salam tiba-tiba ruangan mushola bergoyang seakan hendak rubuh. Para siswa pun berlarian. Ada apa gerangan??!

Beberapa saat setelah guncangan tersebut barulah para siswa menyadari bahwa telah terjadi gempa bumi. Informasi dari media menyebutkan bahwa gempa yang terjadi sabtu siang tersebut berpusat di barat daya Kebumen, Jawa Tengah dan menimbulkan beberapa kerusakan fisik di Kebumen dan sekitarnya.

Indonesia Siaga Bencana
Indonesia Siaga Bencana

Kejadian ini mengingatkan para siswa pada kegiatan Visiting Expert yang dilaksanakan sebulan sebelum kejadian gempa tersebut. Dalam kegiatan tersebut, SMP IT Alam Nurul Islam mengundang Dr. Lutfi Muta’ali, S.Si, MSP, salah satu dosen di Fakultas Geografi UGM yang kebetulan juga salah satu wali murid di SMP IT Alam Nurul Islam. Visiting Expert kali ini membahas tentang Indonesia Siaga Bencana.

Berbagai jenis bencana alam
Berbagai jenis bencana alam

Pengetahuan tentang bencana ini sangat penting bagi siswa mengingat Indonesia memiliki letak dan kondisi alam yang menyimpan potensi berbagai jenis bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor, puting beliung, kebakaran, dan sebagainya. Dalam kegiatan Visiting Expert ini siswa mendapatkan penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan bencana, berbagai jenis bencana, sebab munculnya berbagai jenis bencana, sebaran potensi bencana di Indonesia dan secara khusus sebaran potensi bencana di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemaparan tentang berbagai jenis bencana
Pemaparan tentang berbagai jenis bencana

Di akhir penjelasan, Dr. Lutfi memberikan kuis berupa beberapa potensi bencana yang tersebar di Yogyakarta dan sekitarnya, seperti erupsi gunung berapi, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, kekeringan, dan sebagainya. Selanjutnya siswa mencocokkan potensi bencana tersebut dengan peta wilayah Yogyakarta dan sekitarnya sesuai dengan kondisi alam yang ada.

Penyerahan buku kenang-kenangan
Penyerahan buku kenang-kenangan

Diakhir kegiatan, SMP IT Alam Nurul Islam menyerahkan bingkisan sebagai kenang-kenangan kepada Dr. Lutfi. Ternyata Dr. Lutfi sudah menyiapkan kenang-kenangan juga lho..!. Beliau menyerahkan kaos dan tiga buah buku karya beliau sebagai kenang-kenangan. Wah… beruntung nih para siswa, sudah mendapatkan ilmu, masih mendapatkan bonus tiga buah buku lagi. Siapa yang mau baca dulu… ??!! Β  πŸ™‚

(ard)

admin

Menjadikan sekolah yang mampu menginspirasi siswa menjadi pembelajar ulung, mandiri, berkarakter islami dan berjiwa pemimpin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *