Visiting Expert : Studium General “Menjadi Generasi Ulil Albab”

Stadium General yang merupakan kegiatan rutin SMPIT Alam Nurul Islam sebagai awal tahun ajaran baru, yang diikuti oleh seluruh siswa dan ustadz/ah SMPIT Alam Nurul Islam. Agenda yang dilaksanakan di lantai 2 gedung selatan sekolah ini diisi oleh Dr. Eko Pujianto, salah satu konseptor SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta, yang juga sebagai dosen di UNS Surakarta. Agenda ini dilaksanakan pada hari Senin, 23 Juli 2012 pukul 09.05 WIB, yang brtema “Menjadi Generasi Ulil Albab”.

Acara dimulai pukul 09.05 WIB dengan dibuka oleh Ustadz Jamaal sebagai MC, kemudian sambutan oleh Kepala Sekolah, Dwi Sabda Budi Prasetya, M.Si.,  yang menyampaikan tujuan Stadium General, yakni menginspirasi siswa-siswa tentang pengetahuan dan bisa berkarya, dan kemudian agenda inti oleh Dr. Eko Pujianto sampai acara ditutup pukul 11.30 WIB. Peserta mengikuti dengan antusias karena memang forum kondusif dan dibawakan oleh seorang pakar yang ahli dibidangnya. Inilah program Visiting Expert, siswa dihadirkan seorang pakar dan memberikan “kuliah” kepada siswa dengan tema tertentu. Waahh… meski SMP sudah kuliah ya… hehe  

Inti dari tema adalah memberi pesan untuk selalu semangat belajar dan mengembangkan potensi siswa. Yang mana penyampaian dilakukan dengan variatif yang melibatkan tampilan gambar, peta, tulisan, cuplikan film, profil contoh ulil albab dari masa lampau sampai kini, dan yang lainnya, sehingga forum dinamis dan menginspirasi. Peserta terlihat menikmati acara. Tidak ketinggalan di akhir sesi ada dialog antara pembicara dengan peserta lho… “Apakah yang bisa menjadi Ulil Albab harus orang yang pintar?”, tanya mbak Salwa, salah satu siswi kelas VIII, yang langsung disahut “pertanyaan yang bagus”, oleh Dr. Eko. Ternyata jawabannya adalah bahwa setiap orang bisa menjadi Ulil Albab, tidak yang hanya pandai dalam akademik, semua siswa bisa, semuanya nomor satu dibidangnya masing-masing, yakni Ulil Albab dengan kriteria (QS.Ali Imran: 190-191):

  1. Mengingat Allah dalam setiap keadaan
  2. Memikirkan tentang penciptaan Allah ( antara lain langit dan bumi )
  3. Bertasbih dan mengakui  “Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia”.
  4. Berlindung dari siksa neraka.

Dari situlah kemudian akan muncul semangat belajar dan mencari tahu tentang semua ciptaan Allah SWT, yang melahirkan generasi ulil albab yang senantiasa berkarya untuk memberikan sebanyak-banyaknya kemanfaatan bagi ummat manusia.

admin

Menjadikan sekolah yang mampu menginspirasi siswa menjadi pembelajar ulung, mandiri, berkarakter islami dan berjiwa pemimpin

2 tanggapan untuk “Visiting Expert : Studium General “Menjadi Generasi Ulil Albab”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *