Rihlah Bersama Angkatan 8




foto foto

Kamis, 28 Maret 2019 lalu, siswa kelas IX angkatan 8 SMP IT Alam Nurul Islam melaksanakan Rihlah Bersama. Rihlah kali ini dilaksanakna di objek wisata Pantai Drini dan Pantai Sadranan Gunung Kidul. Kegiatan ini selain mengukuhkan ukhuwah islamiyah antar siswa, juga me-refresh pikiran siswa kelas IX disela-sela padatnya jadwal TPM (Tes Pendalaman Materi) dan akan melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) pada April ini juga USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) pada awal Mei.
Siswa dan wali berangkat bersama untuk menuju lokasi, namun sebelumnya siswa dan wali kelas berkumpul di TPB Simpang Demak Ijo. Dibuka dengan membaca al-ma’surat pagi bersama dan berangkat menuju lokasi pertama yaitu Pantai Drini pada pukul 08.00 WIB. Dan sampainya di lokasi, sekitar jam 10.00 WIB siswa diperbolehkan bermain di pantai sampai jam 11.30 WIB. Dilanjutkan dengan makan siang dan Sholat Duhur berjamaah di masjid komplek Pantai Drini. Kegiatan sekanjutnya ialah evaluasi pembelajaran kelas IX, tausiyah, dan tukar kado. Dimana kelas IX telah melaksanakan TPM dan akan melaksanakan UNBK yang tinggal menghitung hari lagi perlu adanya evaluasi belajar dan motivasi untuk lebih giat belajar. Tausiyah disampaikan oleh Ust. Jamaludin, selaku pendamping wali kelas IX A. Beliau menyampaikan kisah Rosulullah SAW dimana Rosul sedang berperang namun selalu kalah karena masalah sepele, yaitu pasukanya lupa tak bersiwak. Lalu setelah tausiyah selesai kegiatan selanjutnya ialah tukar kado. Bersama-sama menyanyikan lagu anak untuk menyalurkan kado dari teman satu ke teman lainya.
Setelah tukar kado siswa kembali ke bus untuk melanjutkan destinasi selanjutnya, yaitu Pantai Sadranan yang lokasinya tak jauh dari Patai Drini. Di pantai ini siswa dibebaskan untuk berenang di pinggir pantai dan bermain sepuasnya dari jam 13.00 – 14.00 WIB. Setelah siswa selesai bermain dan mandi/bilas, siswa dan wali kelas IX kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan pulang dan ditutup dengan membaca al-ma’surat sore bersama.

Oleh : M. Zacky Kusnail IXB 2019


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *