Pertemuan Dewan Kelas VIII B “Talent Mapping : Kenali Bakat Anak Kita”

Dewan kelas adalah wadah bagi orang tua/wali murid untuk saling berkomunikasi, bersama-sama dalam pembentukan karakter dan juga mengawal perkembangan anak-anak. Dewan kelas merupakan salah satu kekuatan dari SMP IT Alam Nurul Islam untuk membangun jembatan komunikasi segala aspek dari sekolah, wali-pendamping kelas dan dengan orang tua/walimurid.
Dewan kelas rutin diadakan 2 bulan sekali, dan pada kesempatan kali ini dewan kelas dilaksanakan pada tanggal 22 September 2018 bertempat di rumah Ibu Pita, wali murid dari ananda Garneta Cahya. Tema yang diambil kali ini adalah Talent Mapping, dan dibersamai Oleh Ust. Heri Maulana. Beliau adalah praktisi Talent Mapping. Kegiatan ini dihadiri hampir seluruh perwakilan walimurid kelas VIII B. Dari 25 siswa kelas VIII B, hanya 1 saja yang ijin karena ada keperluan yang tidak bisa ditinggalkan. Dewan Kelas kali ini juga dihadiri oleh seluruh siswa kelas VIIIB.

Suasana Dewan Kelas VIII B

Talent mapping ini bertujuan untuk mengetahui bakat siswa, sehingga orang tua memiliki modal untuk menuntun dan mengarahkan sesuai dengan bakat siswa, bukan kehendak orangtua. Seperti yang telah Alloh SWT firmankan :

“Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang benar jalannya” (QS Al Isra’ : 84)

Talent Mapping diawali dengan pengantar singkat oleh Ust. Heri Maulana, kemudian ananda diminta untuk membuka dan mengisi aplikasi talent mapping yaitu temubakat.com. Setelah mengisi aplikasi tersebut, siswa diminta menuliskan 7 kekuatan dan 7 kelemahan yang dimiliki.

Orang Tua dan siswa menyimak materi dari Ust. Heri Maulana

Dengan mengetahui 7 kelemahan dan 7 kekuatan diri, siswa kemudian diminta mencocokan dengan hasil dari aplikasi tersebut. Ust. Heri Maulana memandu untuk menerjemahkan hasil dari masing-masing siswa secara umum. Siswa bersama orang tua kemudian mendiskusikan hasil tersebut. Kegiatan diakhiri dengan informasi tentang perkembangan umum siswa kelas VIII B oleh Wali dan Pendamping Kelas.
Dengan kegiatan ini, diharapkan siswa dan orang tua sama-sama mengetahui bakat setiap siswa, sehingga bakat yang dimiliki bisa lebih teroptimalkan sesuai dengan pembawaanya.

Semoga Alloh SWT memberkahi..
Aamiin
=nr.s=

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *