Menuntun Ruhiyah Melalui AMT

Jumat dan Sabtu lalu tepatnya 1-2 Februari 2019 siswa-siswi kelas 9 angkatan VIII SMP IT Alam Nurul Islam melaksanakan kegiatan AMT (Achievement Motivation Training). Kegiatan yang rutin dilaksanakan kelas 9 SMP IT Alam Nurul Islam ini guna mempersiapkan ruhiyah dan motivasi belajar siswa kelas 9 untuk menghadapi Ujian Nasional yang akan dilaksanakan beberapa bulan lagi. Selain para siswa, wali murid juga mengikuti kegiatan AMT ini. AMT kali ini berbeda dengan AMT sebelumnya karena diadakan diluar sekolah tepatnya di Wisma Sembada Kaliurang.
Pada Jumat 1 Februari 2019 ba’da Ashar siswa berkumpul untuk briefing teknis dan aturan selama mabit di Wisma Sembada dan keberangkatan menuju lokasi. Ada beberapa mobil wali murid yang mengangkut siswa menuju lokasi. Sampainya dilokasi siswa ikhwan menata meja dan menyiapkan tempat sholat dan acara inti yang berada di aula, sedangkan siswi akhwat membantu menyiapkan makan malam. Selanjutnya siswa dan siswi menuju kamar masing-masing yang tersedia di sana.
Adzan Maghrib berkumandang, siswa siswi beserta ustadz-ustadzah mendirikan Sholat Maghrib yang dilanjut dengan membaca Al-Ma’surat sore, makan malam dan pembagian tilawah mandiri tiap siswa yang diwajibkan membaca 1 juz selama acara berlangsung. Setelah itu siswa mendirikan Sholat Isya’. Sambil menunggu pembicara datang, para siswa tilawah mandiri sesuai pembagian juz yang telah dibagi sebelumnya.

Acara inti akan segera dimulai yang akan dibersamai Ustadz M. Fatan A. Ulum atau yang akrab dikenal Ustadz Fatan Fantastik. Beliau sudah beberapa kali mengisi AMT di “SALYo” jadi sudah tidak asing lagi nama beliau di telinga siswa. Banyak sekali ilmu yang disampaikan Ust. Fatan yang salah satunya belajar niatkan karena Allah karena belajar itu ibadah. Acara inti malam itu selesai lalu siswa diperbolehkan untuk istirahat.
Sholat Tahajud adalah hal yang wajib ada di AMT ataupun mabit. Disini siswa dianjurkan untuk Sholat Tahajud yang dilanjutkan dengan Sholat Subuh berjamaah. Setelah itu siswa diwajibkan menyelesaikan tilawahnya masing-masing sebagai syarat mengikuti kegiatan selanjutnya. Kegiatan selanjutnya ialah jalan-jalan. Para siswa dibebaskan untuk berjalan-jalan kemana saja asal tak jauh dari Wisma Sembada dan mengikuti tata tertib jalan raya. Sembari siswa jalan-jalan beberapa wali murid sudah ada yang datang untuk menghadiri AMT pagi bersama.

Acara inti pagi itu adalah AMT bersama Wali Murid yang dibersamai oleh Ustadz Budi Suprayitno, beliau adalah guru SDIT Alam Nurul Islam yang sudah biasa membersamai kegiatan AMT sebelumnya. Namun sebelum acara inti dimulai ada acara “Ramah Tamah dan Sarapan” disini setiap wali murid diwajibkan membawa snack ringan untuk camilan bersama. Setiap keluarga berkumpul masing masing dan disinilah keakraban terpupuk antar anak dan ayah ibu juga antar keluarga satu dan lain. Acara inti AMT dimulai dengan tilawah oleh M. Hanif A. Sunni dan dilanjut dengan sambutan Kepala Sekolah SMP IT Alam Nurul Islam, Ust. Muh. Zuchri, S.Pd. beliau mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan dan partisipasi wali murid dan siswa yang sudah menyukseskan acara ini. Dilanjut dengan acara inti oleh Ust. Budi Suprayitno disini selain memberikan tausiyah dan motivasi, beliau juga memberikan waktu 2 menit untuk sesama anggota keluarga “ngobrol” sejenak untuk melepas kecanggungan dan mengakrabkan antar anggota keluarga. Setelah itu beliau memberikan selembar kertas kosong yang nantinya akan ditulis harapan siswa untuk kedepannya dan harapan ayah ibu untuk anaknya. Ust. Budi memberikan waktu 10 menit untuk mencurahkan harapan-harapan yang nantinya ingin diraih sang anak maupun orang tua.

Setelah 10 menit, beberapa siswa dipersilakan maju kedepan untuk mebacakan harapanya dan harapan kedua orang tuanya. Lalu hadirin lainya mengaamiinkan harapan tersebut supaya bisa diraih dan terwujud. Disinilah momen tak terlupakan tercipta. Dengan iringan musik sedih beberapa siswa menitikkan air mata karena betapa besarnya harapan orang tua untuk dirinya dan betapa bangganya orang tua terhadap anaknya. Lalu AMT pagi itu ditutup dengan do’a untuk kelancaran dan kesuksesan kelas 9 angkatan VIII “SALYo” menghadapi Ujian Nasional. Acara ini ditutup dan dilanjut dengan foto bersama keluarga besar kelas 9 angkatan VIII “SALYo”

Oleh : M. Zacky Kusnail IXB 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *