Home Stay di Banaran IV

Kamis-Sabtu, 21-23 Juni 2012 adalah hari-hari yang menorehkan pengalaman yang berharga bagi siswa kelas VIII SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Bagaimana tidak, tiba-tiba para siswa hidup di desa dan menjalani keseharian yang berbeda dari kebiasaan di rumah masing-masing. Ada yang “ngarit”, menyabit rumput untuk makan sapi, memberi makan sapi, sampai “nyombor” sapi, nyapu, ngepel, nyuci sendiri, ngisi bak mandi dengan menimba air sumur, sampai masak di tungku dengan “dadek geni”(bikin api pakai kayu) yang gorengannya sampai gosong J, bukan pakai kompor lho.. ada lagi yang nyuci piring tapi jatuh pecah, grogi kali ye… hehe, dan lain-lain mantep banget, sekali lagi, menjalani hari-hari yang berbeda di dusun asing.

Cuplikan aktifitas diatas adalah bagian kegiatan harian dari program SMPIT Alam Nurul yang dinamakan Home Stay, suatu program kegiatan yang menempatkan siswa di rumah penduduk di daerah yang asing bagi siswa, selama 3 hari. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa bersosialisasi dengan orang lain, mandiri dalam memenuhi kebutuhan pribadi, dan membantu orang lain sesuai kemampuan yang dimiliki.

Acara diawali dengan seremonial sederhana berupa serah terima siswa dari sekolah kepada warga Dusun Banaran IV Desa Banaran Kec. Playen Gunung Kidul Yogyakarta yang diwakili oleh Ustadz Jamaal dari pihak sekolah dan Bapak Tumirin dari pihak dusun Banaran IV. Setelah itu siswa diterima langsung oleh bapak/ibu yang menjadi tuan rumah yang ditempati masing-masing kelompok, yang mana satu rumah ditempati oleh satu kelompok yang terdiri dari 2 atau 3 siswa. Dilanjutkan dengan perkenalan di masing-masing rumah dengan tuan rumah dan dilanjutkan aktifitas harian sampai 3 hari. Bakda itu tuh yang bikin geeerrrrrrrrr…. rasakan 3 hari penuh ARTI.. (*Jml)

admin

Menjadikan sekolah yang mampu menginspirasi siswa menjadi pembelajar ulung, mandiri, berkarakter islami dan berjiwa pemimpin

4 tanggapan untuk “Home Stay di Banaran IV

  • 03/07/2012 pada 07:50
    Permalink

    seru dan asyik kayaknya. jadi pengin masuk smpit alam.

    Balas
    • 31/07/2012 pada 00:06
      Permalink

      dg senang hati mbak nabil… yg paling penting semangat belajar.. dmnanapun, kapanpun..

      Balas
  • 23/07/2012 pada 07:34
    Permalink

    waaah ternyata anak2 pada ke banaran IV tah kemaren….

    hmmm deket rumah ku lho…
    #he he he e

    Balas
    • 31/07/2012 pada 00:04
      Permalink

      ya mb Titik.. yg sebelah mana rumahnya? sudah pendadaran denger2…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *